
- by admin
- 0
- Posted on
I. Pendahuluan
A. Pentingnya Penjumlahan dan Pengurangan
B. Tujuan Pembelajaran
C. Sasaran Pembaca
II. Penjumlahan Bilangan Cacah
A. Konsep Dasar Penjumlahan
B. Contoh Soal Penjumlahan Tanpa Membawa
- Soal 1: Penjumlahan satuan
- Soal 2: Penjumlahan puluhan
- Soal 3: Penjumlahan ratusan
- Soal 4: Penjumlahan bilangan tiga angka
C. Contoh Soal Penjumlahan Dengan Membawa - Soal 5: Membawa dari satuan ke puluhan
- Soal 6: Membawa dari puluhan ke ratusan
- Soal 7: Membawa dari satuan dan puluhan ke ratusan
- Soal 8: Penjumlahan beruntun dengan membawa
III. Pengurangan Bilangan Cacah
A. Konsep Dasar Pengurangan
B. Contoh Soal Pengurangan Tanpa Meminjam
- Soal 9: Pengurangan satuan
- Soal 10: Pengurangan puluhan
- Soal 11: Pengurangan ratusan
- Soal 12: Pengurangan bilangan tiga angka
C. Contoh Soal Pengurangan Dengan Meminjam - Soal 13: Meminjam dari puluhan
- Soal 14: Meminjam dari ratusan
- Soal 15: Meminjam dari ratusan dan puluhan
- Soal 16: Pengurangan beruntun dengan meminjam
IV. Soal Cerita Penjumlahan dan Pengurangan
A. Soal Cerita 1 (Penjumlahan)
B. Soal Cerita 2 (Pengurangan)
C. Soal Cerita 3 (Penjumlahan dan Pengurangan Gabungan)
V. Kesimpulan
A. Ringkasan Materi
B. Tips Mempelajari Penjumlahan dan Pengurangan
VI. Daftar Pustaka (Opsional)
Penjumlahan dan Pengurangan untuk SD Kelas 3
I. Pendahuluan
Penjumlahan dan pengurangan merupakan operasi dasar dalam matematika yang sangat penting untuk dipahami. Kemampuan menguasai kedua operasi ini akan menjadi fondasi yang kuat untuk mempelajari materi matematika selanjutnya, seperti perkalian, pembagian, pecahan, dan lain sebagainya. Artikel ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang penjumlahan dan pengurangan bagi siswa kelas 3 SD melalui contoh-contoh soal yang disertai penjelasan. Artikel ini ditujukan bagi siswa kelas 3 SD, guru, dan orang tua yang ingin membantu anak mereka dalam belajar matematika.
II. Penjumlahan Bilangan Cacah
A. Konsep Dasar Penjumlahan
Penjumlahan adalah proses menggabungkan dua atau lebih bilangan untuk mendapatkan jumlah total. Simbol "+" digunakan untuk mewakili operasi penjumlahan. Misalnya, 2 + 3 = 5, artinya menggabungkan 2 buah dengan 3 buah akan menghasilkan 5 buah.
B. Contoh Soal Penjumlahan Tanpa Membawa
-
Soal 1: 12 + 5 = ?
- Penyelesaian: 12 + 5 = 17. Kita menjumlahkan satuan terlebih dahulu, 2 + 5 = 7. Kemudian kita tulis angka 7 pada tempat satuan. Angka 1 pada puluhan tetap ditulis.
-
Soal 2: 30 + 20 = ?
- Penyelesaian: 30 + 20 = 50. Kita menjumlahkan puluhan, 3 + 2 = 5. Kemudian kita tulis angka 5 pada tempat puluhan dan menambahkan angka 0 pada tempat satuan.
-
Soal 3: 150 + 200 = ?
- Penyelesaian: 150 + 200 = 350. Kita menjumlahkan ratusan, 1 + 2 = 3. Kemudian kita tulis angka 3 pada tempat ratusan, angka 5 pada tempat puluhan, dan angka 0 pada tempat satuan.
-
Soal 4: 234 + 125 = ?
- Penyelesaian: 234 + 125 = 359. Kita menjumlahkan satuan (4 + 5 = 9), puluhan (3 + 2 = 5), dan ratusan (2 + 1 = 3).
C. Contoh Soal Penjumlahan Dengan Membawa
-
Soal 5: 27 + 15 = ?
- Penyelesaian: 27 + 15 = 42. Satuan: 7 + 5 = 12. Kita tulis angka 2 pada tempat satuan dan "membawa" angka 1 ke tempat puluhan. Puluhan: 1 (bawaan) + 2 + 1 = 4. Jadi hasilnya 42.
-
Soal 6: 136 + 285 = ?
- Penyelesaian: 136 + 285 = 421. Satuan: 6 + 5 = 11. Kita tulis 1 dan bawa 1. Puluhan: 1 (bawaan) + 3 + 8 = 12. Kita tulis 2 dan bawa 1. Ratusan: 1 (bawaan) + 1 + 2 = 4. Jadi hasilnya 421.
-
Soal 7: 378 + 254 = ?
- Penyelesaian: 378 + 254 = 632. Satuan: 8 + 4 = 12. Kita tulis 2 dan bawa 1. Puluhan: 1 (bawaan) + 7 + 5 = 13. Kita tulis 3 dan bawa 1. Ratusan: 1 (bawaan) + 3 + 2 = 6. Jadi hasilnya 632.
-
Soal 8: 125 + 238 + 117 = ?
- Penyelesaian: 125 + 238 + 117 = 480. Kita menjumlahkan satuan, puluhan, dan ratusan secara berurutan dengan memperhatikan proses membawa.
III. Pengurangan Bilangan Cacah
A. Konsep Dasar Pengurangan
Pengurangan adalah proses mengurangi suatu bilangan dari bilangan lain. Simbol "-" digunakan untuk mewakili operasi pengurangan. Misalnya, 5 – 3 = 2, artinya mengurangi 3 buah dari 5 buah akan menghasilkan 2 buah.
B. Contoh Soal Pengurangan Tanpa Meminjam
-
Soal 9: 15 – 3 = ?
- Penyelesaian: 15 – 3 = 12. Kita mengurangi satuan, 5 – 3 = 2. Angka 1 pada puluhan tetap.
-
Soal 10: 50 – 20 = ?
- Penyelesaian: 50 – 20 = 30. Kita mengurangi puluhan, 5 – 2 = 3. Angka 0 pada satuan tetap.
-
Soal 11: 350 – 100 = ?
- Penyelesaian: 350 – 100 = 250. Kita mengurangi ratusan, 3 – 1 = 2. Angka 5 pada puluhan dan 0 pada satuan tetap.
-
Soal 12: 345 – 123 = ?
- Penyelesaian: 345 – 123 = 222. Kita mengurangi satuan (5 – 3 = 2), puluhan (4 – 2 = 2), dan ratusan (3 – 1 = 2).
C. Contoh Soal Pengurangan Dengan Meminjam
-
Soal 13: 32 – 15 = ?
- Penyelesaian: 32 – 15 = 17. Satuan: Kita tidak bisa mengurangi 5 dari 2, jadi kita "meminjam" 1 dari puluhan (menjadi 20 + 2 = 22). 22 – 15 = 7. Puluhan: 3 (dikurangi 1 karena dipinjam) – 1 = 1. Jadi hasilnya 17.
-
Soal 14: 145 – 87 = ?
- Penyelesaian: 145 – 87 = 58. Satuan: Kita meminjam 1 dari puluhan (menjadi 15). 15 – 7 = 8. Puluhan: 4 (dikurangi 1 karena dipinjam) – 8. Kita meminjam 1 dari ratusan (menjadi 14). 14 – 8 = 6. Ratusan: 1 (dikurangi 1 karena dipinjam) – 0 = 0. Jadi hasilnya 58.
-
Soal 15: 231 – 158 = ?
- Penyelesaian: 231 – 158 = 73. Satuan: Kita meminjam 1 dari puluhan (menjadi 11). 11 – 8 = 3. Puluhan: 3 (dikurangi 1 karena dipinjam) – 5. Kita meminjam 1 dari ratusan (menjadi 13). 13 – 5 = 8. Ratusan: 2 (dikurangi 1 karena dipinjam) – 1 = 1. Jadi hasilnya 73.
-
Soal 16: 425 – 186 – 119 = ?
- Penyelesaian: 425 – 186 – 119 = 120. Kita melakukan pengurangan secara berurutan dengan memperhatikan proses meminjam.
IV. Soal Cerita Penjumlahan dan Pengurangan
A. Soal Cerita 1 (Penjumlahan): Budi memiliki 235 buah apel dan 187 buah jeruk. Berapa jumlah buah yang dimiliki Budi seluruhnya?
- Penyelesaian: 235 + 187 = 422. Budi memiliki 422 buah.
B. Soal Cerita 2 (Pengurangan): Siti memiliki 350 rupiah. Ia membeli permen seharga 125 rupiah. Berapa sisa uang Siti?
- Penyelesaian: 350 – 125 = 225. Sisa uang Siti adalah 225 rupiah.
C. Soal Cerita 3 (Penjumlahan dan Pengurangan Gabungan): Ayah membeli 250 butir telur. 125 butir telur digunakan untuk membuat kue, dan 50 butir telur pecah. Berapa sisa telur ayah?
- Penyelesaian: Total telur yang digunakan dan pecah: 125 + 50 = 175. Sisa telur: 250 – 175 = 75. Sisa telur ayah adalah 75 butir.
V. Kesimpulan
Penjumlahan dan pengurangan merupakan operasi dasar matematika yang penting untuk dikuasai. Melalui latihan soal secara rutin dan memahami konsep membawa dan meminjam, siswa akan mampu menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan dengan baik. Cobalah untuk mengerjakan berbagai macam soal, termasuk soal cerita, untuk mengasah kemampuan berpikir logis dan pemecahan masalah.
VI. Daftar Pustaka (Opsional)
(Anda dapat menambahkan daftar buku atau sumber referensi yang digunakan jika diperlukan)